Selasa, 14 Mei 2013

IPS



LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN

Ini lingkungan alam dan buatan. Tempat tinggal kita. Lingkungan harus dijaga. Supaya bersih dan indah. Semua warga bekerjasama. Menjaga kebersihan lingkungan.
A. Lingkungan Alam dan Buatan
Permukaan bumi bermacam-macam. Ada yang datar. Ada pula yang bergelombang. Contoh permukaan yang bergelombang adalah gunung atau lembah. Ada pula danau. Mengalir pula sungai-sungai. Keadaan udaranya pun berbeda. Di pantai udaranya panas. Sebaliknya, di pegunungan udaranya sejuk.
Pernahkah kalian rekreasikepantai? Bagaimanakeadaan alam di pantai? Bagaimana pula keadaan udaranya? Bandingkan jika kalian bertamasya ke pegunungan. Tentu berbeda kedua tempat tersebut.
1. LingkunganAlam
Bentuk permukaan bumi berbeda-beda. Ada yang rata. Ada yang tinggi. Ada yang berbukit-bukit. Ada yang berupa rawa-rawa. Ada yang berupa daratan. Berupa perairan. Misalnya laut, sungai, selat, danau, kolam. Perhatikan gambar di bawah ini!

Permukaan bumi di pegunungan. Jalannya kadang-kadang menanjak, menurun, dan berliku-liku. Rumah-rumah letaknya berjauhan. Udaranya terasa sejuk. Bahkan terasa dingin. Lain halnya di  dataran rendah.
Perhatikan gambar berikut ini!


Di dataran rendah permukaannya rata. Kalau kalian tinggal dikota rumah penduduk padat. Kalau di desa rumah penduduk tidak padat. Jalan-jalan umumnya lurus. Tidak berkelok-kelok. Udaranya terasalebih panas.

2. Lingkungan Alam Buatan
Ada lingkungan alam. Ada lingkungan buatan. Lingkungan buatan dibuat manusia. Bentuknya sesuai kebutuhan. Bisa berbentuk bangunan, jalan, sawah. Ada pula air terjun buatan.







Gambar 1.3 BendunganJatiluhur,
Jawa Barat
Perhatikangambar di atas!
Ini sebuah bendungan. Di bendungan dibuat air terjun. Bendungan menjadi objek wisata. Banyak wisata- wan berkunjung di sana. Terutama hari libur.



3. Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan
Bagi Kehidupan
a.       Manfaat Kenampakan Alam
Permukaan bumi ada yang daratan dan perairan. Permukaan daratan berbeda-beda. Ada yang rata, ada yang bergelombang. Contoh permukaan yang rata seperti lapangan sepak bola. Contoh permukaan yang tidak rata adalah di pengunungan dan lembah. Bagaimanapun bentuknya tetap bermanfaat, bagi kehidupan manusia. Dataran rendah pada umumnya rata. Bermanfaat untuk permukiman. Pertanian dan perindustrian. Berikut contoh dataran rendah.


Daerah yang bergelombang contohnya bukit-bukit. Jalannya berkelok-kelok. Cocok untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan. Tempat peristirahatan biasanya udaranya bersih dan sejuk. Banyak yang berkunjung kepegunungan untuk menghirup udara segar.
b.      Manfaat Kenampakan Alam Buatan

Gambar 1.6 Bendungan
Manfaatnya Kenampakan alam buatan bermacam-macam. Banyak dibuat oleh manusia. Misalnya membuat bendungan. Perhatikan gambar di atas! Bendungan dibangun oleh pemerintah untuk mengairi sawah-sawah. Dapat juga dijadikan sarana olahraga air. Seperti olahraga selancar dan dayung. Bendungan dijadikan pula objek wisata, dan pembangkit listrik tenaga air. Bendungan hanyalah satu contoh. Masih banyak lagi seperti sawah, jalan dan lain-lain. Semuanya bermanfaat bagi manusia. Untuk memenuhi kebutuhannya.

4. LetakLingkunganAlamdanBuatan
Sesuai dengan Arah Mata Angin Perhatikan gambar berikut ini! Tunjukkan! Mana kenampakan alam? Mana kenampakan alam buatan?
Perhatikan gambar!

a. Di sebelah utara gunung.
b. Di sebelah selatan perumahan.
c. Di sebelah timur kebun kelapa.
d. Di sebelah barat bendungan.
Terdapat sawah yang luas. Mengalir sebuah sungai. Air sungai jernih. Di sungai dibuat bendungan. Dibuat pula jembatan.

5. Lingkungan di SekitarRumah
Kalian tinggal di rumah. Amati lingkungan di sekitar rumahmu! Banyak yang kalian lihat. Dapatkah kalian menyebutkannya?

a. LingkunganAlam




Ini rumah kakek Edi. Kakek Edi tinggal di desa. Edi sering ketempat kakek. Terutama waktu libur sekolah. Di belakang rumah Kakek Edi ada sawah. Sawah itu membentang luas. Di sisi sawah, mengalir sebuah sungai. Air sungai itu jernih. Dari jauh tampak gunung. Gunung dan sungai adalah contoh lingkungan alam. Pemandangan  di sana indah.

b. LingkunganAlamBuatan
Ini rumah Edi. Edi tinggal di kota.  Di depan rumah Edi jalan raya. Jalan itu ramai dilalui kendaraan. Halaman rumah Edi cukup luas. Ada kolam ikan dan air mancur. Taman di sekelilingnya terawatt rapi.  Jalan raya, kolam ikan, air mancur adalah contoh lingkungan buatan. Lingkungan rumah Edi indah dan nyaman.

6. Lingkungan di SekitarSekolah
Kalian seorang siswa, bukan? Tentu siswa yang baik dan pintar. Perhatikanlah lingkungan sekolahmu! Banyak yang kalian lihat. Dapatkah kalian menyebutkannya? Apa saja yang ada di lingkungan sekolahmu?
a.       Lingkungan Alam
Ini sekolah. Letaknya di desa. Tak jauh dari rumah kakek Edi. Murid sekolah ini banyak. Merekaberjalan kaki ke sekolah. Melewati sawah-sawah. Di  dekat sekolah ada bukit. Bukit adalah contoh lingkungan alam. Bukit itu membuat indah pemandangan. Udara di sekitar sekolah sejuk dan nyaman. Karena letaknya dekat bukit.

b.      Lingkungan Alam Buatan
Ini sekolah Edi . Edi murid kelas 3. Dekat sekolah ada masjid. Halaman sekolah luas. Di halaman ada lapangan basket. Ada tanaman bunga. Taman lalu lintas. Di dalamnya banyak tanda lalu lintas. Ada kolam ikan.  Air terjun dan lain-lain. Itulah contoh-contoh lingkungan buatan. Semua tertata rapi.
B.     Pemeliharaan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah
Lingkungan alam bermanfaat. Lingkungan buatan juga demikian. Oleh karena itu, harus dipelihara dengan baik dan benar. Bagaimana cara memeliharanya?
Banyak cara memelihara lingkungan alam dan buatan. Hutan bermanfaat bagi manusia. Oleh karena itu, harus dipelihara. Cara memeliharanya dengan melestarikannya. Jalan raya adalah lingkungan buatan. Jalan dibangun untuk manusia. Supaya hubungan sesame manusia lancar. Bayangkan apabila jalan rusak. Kewajiban kita adalah merawatnya.
Rumah adalah kebutuhan pokok. Lingkungan rumah harus dipelihara. Lingkungan alam maupun buatan. Anggota keluarga bahu-membahu. Memelihara dan menjaganya. Bagaimana caranya?
1. Cara Memelihara Lingkungan di Sekitar Rumah
Kalian tentu masih ingat. Sebelumnya telah dijelaskan cara memeliharanya. Hal itu wajib dilakukan, karena kita menikmati manfaatnya. Sekarang banyak peristiwa. Musibah bencana alam. Tanah longsor dan banjir. Menyebarnya wabah penyakit. Akibat ulah manusia. Hutan-hutan ditebang. Manusia menanggung akibatnya. Saatnya kita berpikir. Pengalaman menjadi pelajaran. Mari kita pelihara lingkungan. Lingkungan sekitar rumah. Lingkungan sekitar sekolah. Lingkungan di masyarakat. Banyak cara dilakukan.

2. Manfaat Memelihara Lingkungan
Lingkungan mereka bersih. Mereka rajin merawatnya. Pagi maupun sore. Tak ada sampah berserakan. Apalagi sampai membusuk. Saluran air bersih.Air mengalir deras. Taman-taman rapi. Lingkungan tampak asri.Warga sehat dan bahagia.

3. Akibat Tidak Memelihara Kebersihan Lingkungan di Sekitar Rumah
Lingkungan rumah harus bersih. Tidak boleh ada sampah. Sampah dapat menimbulkan penyakit. Saluran air harus lancar. Banyak peristiwa buruk di sekitar kita. Akibat lalai memelihara lingkungan. Terutama lingkungan rumah. Lihatlah lingkungan mereka. Bersih dan asri. Anak-anak bermain. Mereka tampak ceria. Tenang dan damai. Mereka menikmati hasilnya.
Perhatikangambar di bawahini!
Lihatlah rumah tergenang air. Akibat perbuatan mereka sendiri. Warga membuang sampah ke sungai. Sungai menjadi dangkal. Saluran air tersumbat. Musim hujan air sungai meluap.

Bahaya penyakit mengancam. Banyak yang menderita sakit.  Muntaber, kudis, dan lain-lain. Kita sendiri yang sengsara. Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan.